Wednesday 16 April 2014

11 Manfaat Buah Delima Yang Wajib Anda Tahu

11 Manfaat Buah Delima Yang Wajib Anda Tahu

Anda tahu buah dengan nama punica granatum? Boleh jadi tidak. Nama ilmiah tersebut merujuk pada buah dengan warna cerah. Bagian dalamnya serupa butiran berwarna merah segar. Benar, ia adalah buah delima atau yang juga populer dikenal dengan nama pome fruit. Jika dirunut dari asalnya, maka buah bulat yang satu ini berasal dari Timur Tengah. Meski demikian, kini ia dengan mudah dijumpai di berbagai wilayah di dunia. Beberapa tahun belakangan ini, buah pome atau delima ini sedang mraka dibicarakan. Pasalnya, penelitian ilmiah membuktikan keunggulan buah ini dibanding buah populer lainnya.Delima memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan pun kecantikan. Apa saja? Berikut kami rangkum untuk Anda 11 manfaat buah delima untuk Anda.
  1. Manfaat buah delima yang pertama adalah keunggulannya dalam memelihara keremajaan. Ia bersifat anti-aging. Kandungan senyawa di dalamnya mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Manfaat ini bahkan lebih kuat jika dibandingkan buah semacam jeruk, apel dan lain-lain.
  2. Buah delima mampu melindungi organ ginjal. Hal ini telah dibahas di dalam Journal Renal Failure.
  3. Buah delima juga diketahui bisa melindungi organ hati. Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan di dalam jurnal Toxilogy And Industrial Health. Konsumsi jus delima secara rutin bisa melindungi sekaligus memberbaiki hati yang rusak.
  4. Delima bersifat anti-alegic. Hal ini terkait dengan senyawa polifenol yang ada di dalamnya.
  5. Buah delima bisa mencegah serangan jantung. Hal ini sesuai dengan sebuah hasil penilitian yang dimuat di dalam Altheroclerosis. Buah delima memiliki kemampuan dalam mensintesis kolesterol dan kemudian mengancurkan zat radikal bebas yang ada di dalam sistem vascular kita.
  6. Salah satu manfaat buah delima yang banyak diperbincangkan adalah kemampuannya menangkal kanker. Hal ini telah diulas di dalam jurnal Translational Oncology. Disebutkan bawa buah delima mampu menangkal kanker payudara dan juga kanker kulit.
  7. Manfaat buah delima lainnya adalah untuk melindungi DNA. Hal ini terkait dengan kandungan anti-oksidan yang ada di dalam buah delima mampu melindungi komponen genetika tubuh manusia.
  8. Hal lain yang bisa didapatkan dari konsumsi buah delima adalah tekanan darah yang normal terjaga. Hal ini dijelaskan di dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition. Disebutkan bahwa sari delima bisa membantu juga mencegah tekanan darah naik.
  9. Manfaat buah delima lainnya adalah untuk mengatur kelainan yang disebut dengan sindrom resistansi insulin. Memang delima mampu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah sekaligus meningkatkan kepekaan tubuh terhadap keberadaan insulin. Dengan demikian ia akan mencegah diabetes.
  10. Manfaat buah delima yang terakhir adalah mengoptimalkan obat-obatan. Sari buah delima sendiri diketahui mampu meningkatkan kinerja obatan khususnya yang dikonsumsi untuk membunuh bakteri jenis gram negatif. bakteri ini dikenal sebagai mikroba yang bisa melawan kerja obat.

No comments:

Post a Comment